Recent Posts

Minggu, 24 September 2017

Kuliner Wajib Kota Wonogiri


Hai, alasan simpel kenapa tiba-tiba posting ini, yaitu karena aku lagi di pulang kampung, dan tiap pulang kampung yang pingin banget dilakuin adalah makan makanan yang cuma bisa dimakan di sini, engga ada di tanah rantau :')
Aku bukan mau ngasih list makanan hits, tapi ini adalah makanan-makanan yang hmm... malah otentik *? banget dan legenda dan enak tentunya.

1. Bakso 
Bakso, ya itu emang yang terkenal banget dari Kota Wonogiri. Kalau inget Kota Wonogiri, pasti inget baksonya. Lihat aja di jalan-jalan, ntah dimanapun itu, biasanya tulisannya Bakso Wonogiri, atau Bakso Gajah Mungkur Wonogiri. Bakso di sini banyak banget sih yang jual. Tapi ada rekomendasi tempat bakso yang enak dan paling terkenal, yaitu Bakso Titoti. Letaknya ngga jauh dari pasar Wonogiri. Rasanya enak, harga nya lumayan sedikit mahal karena memang Bakso Titoti ini bukan warung tapi udah kaya resto tempatnya, so maybe that's why. Selain ada bakso, di Bakso Titoti juga ada siomay dan juga sop kikil. Oiya, ngga cuma satu cabang aja, Bakso Titoti ada beberapa cabang ya di Wonogiri, yang salah satunya ada di Ngadirojo. Ada juga tempat makan bakso lain yang konsepnya udah kaya resto, yaitu Bakso Mutiara. Letaknya di dekat perbatasan Wonogiri - Sukoharjo. Jadi kalau kamu pertama kali masuk ke Kota Wonogiri, pasti ngelewatin bakso ini. Bakso Mutiara rasanya enak juga, bedanya di sini selain menonjolkan baksonya, juga ada menu spesial yang dibawakan yaitu es mutiara nya. Okay, so selain kedua bakso tadi, banyak juga bakso lain yang sekelas warung tapi nggak kalah enak. Saah satunya bisa kamu coba yaitu Bakso Gajah Mungkur dan Bakso Rudal. Letak kedua bakso ini hampir deketan, masih di dekat Pasar Wonogiri juga

2. Pindang
So, pindang di sini beda sama pengertian dari 'pindang' di daerah lain. Pindang di sini terbuat dari tepung, dicampur potongan balungan. Okay, aku udah kehabisan kata buat ngejelasinnya padahal aku baru nulis satu kalimat, hahaha. Susah dijelasin bentuknya, tapi yang jelas ini enak banget dimakan pakai nasi hangat. Untuk orang-orang asli Kota Wonogiri dan sedang merantau di luar, kalau pulang kampung pasti carinya pindang, suerr. Lokasi jualnya... hmm.. setahuku cuma satu yang jual pindang ini, itu pun yang jual udah tua dan jualnya di rumah dia sendiri. Lokasinya di Bulusulur. Tiap weekend pagi-pagi banget pasti udah banyak yang antri di rumahnya. Tiap ke sana aja pasti antri 8 orang lebih :( Pindang memang cocok buat sarapan, di tempat jualnya aja jam 8 an pagi biasanya udah habis.

3. Soto Kwali Daging Sapi
Ada satu tempat makan soto kwali daging sapi, letaknya di Wonoboyo, dekat POM Bensin Wonoboyo. Soto kwali ini enak banget buat sarapan. Sotonya dimasak di kwali, itu yang bikin beda dari soto-soto lain. Khas banget lah rasanya. Harganya murmer sih. Setahuku juga cuma satu tempat ini aja yang jual soto kwali daging sapi.

4. Nila Bakar
Iyes, banyak banget nila bakar dijual di sepanjang Waduk Gajah Mungkur. Jadi kalau kamu wisata ke waduknya, harus banget makan nila bakar disana. Oiya, nila bakar yang enak letaknya di luar obyek wisata waduk ya, jadi saranku, mending keluar obyek wisata aja kalau mau beli nila bakarnya. Ada beberapa tempat nila bakar langgananku, yang emang udah teruji banget lah. Pertama Nila Bakar Pak Glinding. Dari ketiga tempat nila bakar rekomendasiku, Nila Bakar Pak Glinding yang paling jarang aku datangi. Sebenarnya kurang begitu suka dengan bumbunya, tapi.. kalau kamu nanya yang paling terkenal dan rame.. Nila Bakar Pak Glinding. Yang kedua, Nila Bakar Moro Seneng. Nila bakar disini menurutku enak, tempatnya juga enak, ngga kalah sama Nila Bakar Pak Glinding. Yang Ketiga Nila Bakar Sari Raras. Kelebihan Sari Raras ini, ada beberapa variasi nila bakar yang nggak ada di tempat lain, seperti sup kepala nila, nila asam manis, dll. Lokasi ketiganya masih di sepanjang jalan utama di obyek wisata Gajah Mungkur kok. Nila bakar di sini bukan nila bakar biasa ya. Tapi aku juga nggak ngerti apa yang bikin luar biasa, haha. Yang jelas, beberapa temen dari luar kota Wonogiri yang aku ajak makan di sini, sampai sekarang masih sering minta buat diajak beli nila bakar lagi.

5. Ayam Goreng
Di Kota Wonogiri, ada beberapa rumah makan spesial ayam goreng yang udah melegenda banget. Ayamnya empuk, bumbunya kerasa banget, ada kriuknya. Dan beberapa kali makan ayam goreng di tempat lain, di luar Wonogiri, masih ngga ada yang bisa nandingin ayam goreng di sini. Ada 2 lokasi ayam goreng yang melegenda ini. Yang pertama Ayam Goreng Paryanti, yang kedua Ayam Goreng Batas Kota. Ayam Goreng Paryanti letaknya di Wonokarto, sedangkan Ayam Goreng Batas Kota letaknya di batas kota *? haha. 

6. Mie Godog (Rebus)
Mie godog atau mie rebus jawa, emang beda dari mie-mie lain. Yang paling bikin beda yang pasti bumbunya. Kuahnya itu enak banget beda sama mie-mie lain. Nah di Wonogiri sendiri mie godog yang paling enak, menurutku sebagai penduduk asli, haha, yaitu Mie Godog Si Pur dan Nasi Goreng Jumanto. So, mie godog ini biasa mulai dijual sehabis maghrib ya. Mie Godog Si Pur lokasinya di dekat Alun-Alun Wonogiri, sedangkan Nasi Goreng Jumanto (walaupun namanya Nasi Goreng Jumanto, tapi Mie godog yang dijual di tempat itu andalan juga) letaknya lumayan jauh dari pusat kota, yaitu di Krisak. Aku jarang banget makan di Nasi Goreng Jumanto karena lokasinya yang cukup jauh, tiap kesana harus lewat sawah-sawah haha dan otomatis harus malem-malem :( 

7. Pecel
Nasi pecel yang paling rame yang aku tahu adalah Nasi Pecel Bu Nardi. Lokasinya deket GOR Wonogiri. Pecel ini rame banget buat sarapan, iya sih cuma buka buat sarapan ^^"

8. Mie Ayam 
Salah satu makanan wajib banget aku makan tiap pulang kampung, Mie Ayam SD 6. Jadi lokasinya di depan SD 6 Wonogiri. Mienya khas banget, beda dari yang lain. Kuahnya juga enak. Apalagi ya, enak lah yang jelas. Selain mie ayam, andalan di sini adalah es asem.  

9. Sate Kambing
Nah ini, sate kambing. Ada beberapa tempat makan sate kambing yang paling legenda di Wonogiri. Yaitu Sate Kambing Saimo, Sate Kambing Pak Jaman, dan Sate Kambing Pak Gino. dari segi rasa semuanya enak. Kalau segi kenyamanan makan, paling nyaman Sate Kambing Saimo dan Pak Gino karena tempat duduknya banyak. Oiya, hanya Sate Kambing Saimo dan Pak Jaman yang jual sate buntel. Selain sate kambing, ketiga nya juga jaul tengkleng dan tongseng. Kalau dari segi paling terkenal, kayanya Sate Kambing Pak Gino yang paing terkenal. But, ketiga selalu rameee banget kalau lagi pas jam makan siang.